10 Wisata Kuliner Yogyakarta yang Harus Kamu Coba

10 Wisata Kuliner Yogyakarta yang Harus Kamu Coba

Yogyakarta, sering disebut sebagai kota budaya di Indonesia, tidak hanya terkenal dengan keindahan alam dan warisan budayanya yang kaya, tetapi juga dengan kekayaan kuliner yang menakjubkan.

Dari makanan tradisional Jawa hingga hidangan modern yang inovatif, Yogyakarta menawarkan berbagai pilihan kuliner yang memikat dan tak terlupakan. Mari kita telusuri beberapa tempat wisata Kuliner Jogja yang wajib Anda coba:

1. Gudeg Yu Djum

Gudeg, masakan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah, adalah hidangan yang tidak boleh dilewatkan saat berada di kota ini.

Gudeg Yu Djum adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati gudeg asli Yogyakarta dengan cita rasa autentik dan lezat. Anda dapat menikmati gudeg dengan nasi, ayam, telur, dan sambal krecek di tempat makan yang sederhana namun ramai ini.

2. Angkringan

Angkringan adalah warung kaki lima yang khas di Yogyakarta yang menawarkan berbagai hidangan murah dan lezat.

Di sini, Anda dapat menikmati berbagai macam makanan tradisional Jawa seperti nasi kucing (nasi kecil dengan lauk pauk), sate usus, telur puyuh, dan jajanan pasar lainnya dengan harga yang terjangkau.

Angkringan biasanya buka di malam hari dan menjadi tempat favorit bagi para pelajar dan pekerja malam untuk bersantai.

3. Bakmi Jawa Mbah Mo

Bakmi Jawa, mie khas Jawa yang disajikan dengan kuah kental dan lauk pauk seperti ayam, pangsit, dan tauge, adalah hidangan yang sangat populer di Yogyakarta.

Baca Juga:  7 Makanan Khas Jawa Timur Ini Kaya akan Rempah

Bakmi Jawa Mbah Mo adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati bakmi Jawa yang lezat dan otentik. Tempat makan ini terkenal dengan mie-nya yang kenyal dan kuahnya yang gurih, serta pilihan lauk tambahan yang melimpah.

4. Sego Sambel Wong Solo

Sego Sambel Wong Solo adalah restoran yang terkenal dengan hidangan ayam geprek-nya yang pedas dan lezat.

Ayam geprek, ayam goreng yang dilumatkan dan disajikan dengan sambal pedas, adalah hidangan favorit di Yogyakarta dan sering menjadi pilihan bagi pecinta makanan pedas.

Selain ayam geprek, Anda juga dapat menikmati berbagai hidangan ayam lainnya serta menu sambal yang beragam.

5. Waroeng SS

Waroeng SS adalah salah satu warung makan legendaris di Yogyakarta yang terkenal dengan nasi kucing-nya yang enak dan harga yang terjangkau.

Di sini, Anda dapat menikmati nasi kucing dengan berbagai lauk pauk seperti telur, tempe, tahu, dan ayam goreng, serta sambal pedas yang membuat makanan semakin nikmat.

6. Bakpia Pathok 25

Bakpia, kue tradisional Yogyakarta yang terbuat dari adonan kacang hijau yang manis dan lembut, adalah oleh-oleh khas dari kota ini.

Bakpia Pathok 25 adalah salah satu produsen bakpia terkenal di Yogyakarta yang terkenal dengan kue-kue bakpianya yang lezat dan berkualitas. Anda dapat memilih dari berbagai varian rasa seperti kacang hijau, cokelat, keju, dan kacang tanah.

Baca Juga:  7 Makanan Khas Jawa Timur Ini Kaya akan Rempah

7. Warung Handayani

Warung Handayani adalah tempat yang populer untuk menikmati hidangan khas Jawa Timur di Yogyakarta. Warung ini terkenal dengan hidangan nasi pecelnya yang lezat. Pecel adalah hidangan sayuran yang disajikan dengan saus kacang pedas yang khas.

Di Warung Handayani, Anda dapat menikmati pecel dengan berbagai macam sayuran segar seperti kacang panjang, kangkung, tauge, dan daun singkong, lengkap dengan sambal yang pedas dan rempah-rempah yang khas.

8. Depot Bu Ageng

Depot Bu Ageng adalah tempat yang sempurna untuk menikmati hidangan soto, masakan khas Indonesia yang terkenal dengan kuahnya yang gurih dan aroma rempah-rempahnya yang harum.

Di Depot Bu Ageng, Anda dapat menikmati berbagai varian soto yang lezat seperti soto ayam, soto daging sapi, dan soto babat. Hidangan soto disajikan dengan nasi, pelengkap seperti telur rebus, tauge, dan kerupuk, serta taburan bawang goreng yang gurih.

9. Depot Mie Setan

Depot Mie Setan adalah tempat yang cocok bagi pecinta makanan pedas. Mie Setan adalah mie goreng yang disajikan dengan level kepedasan yang ekstrem, cocok untuk mereka yang menyukai tantangan rasa.

Di sini, Anda dapat memesan mie setan dengan tingkat kepedasan yang sesuai dengan selera Anda, mulai dari level paling rendah hingga paling pedas. Hidangan mie setan disajikan dengan irisan telur, ayam, dan sayuran segar.

Baca Juga:  7 Makanan Khas Jawa Timur Ini Kaya akan Rempah

10. Warung Mbah Payem

Warung Mbah Payem adalah tempat yang terkenal dengan hidangan bakmi Jawa-nya yang lezat dan autentik. Bakmi Jawa adalah mie khas Jawa Timur yang disajikan dengan kuah kaldu yang gurih dan daging ayam atau sapi yang empuk.

Di Warung Mbah Payem, Anda dapat menikmati bakmi Jawa dengan berbagai pilihan lauk tambahan seperti pangsit, bakso, dan tauge. Hidangan ini disajikan dengan taburan bawang goreng dan daun seledri yang segar.

Kesimpulan

Wisata kuliner di Yogyakarta adalah pengalaman yang tak boleh dilewatkan bagi para pecinta makanan. Dari gudeg yang khas hingga ayam geprek yang pedas, setiap hidangan memiliki cita rasa yang memikat dan mencerminkan kekayaan budaya kota ini.

Jelajahi keanekaragaman Wisata Kuliner Surabaya dan nikmati pengalaman kuliner yang tak terlupakan di kota budaya ini.