7 Makanan Khas Jawa Timur Ini Kaya akan Rempah

7 Makanan Khas Jawa Timur Ini Kaya akan Rempah

Jawa Timur, sebuah provinsi di bagian timur Pulau Jawa, Indonesia, terkenal dengan kekayaan rempah-rempahnya yang melimpah. Bumbu-bumbu khas daerah ini memberikan karakteristik unik pada masakan tradisionalnya, menciptakan cita rasa yang khas dan memikat.

Mari kita telusuri beberapa Makanan Jawa Timur yang kaya akan rempah dan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan:

1. Rawon

Rawon adalah salah satu masakan khas Jawa Timur yang paling terkenal, terutama di daerah Surabaya. Masakan ini berupa sup daging sapi yang kaya rempah, dengan warna hitam pekat yang dihasilkan dari penggunaan kluwek, sejenis buah yang khas dari daerah ini.

Rempah-rempah lainnya seperti serai, jahe, lengkuas, dan kunyit juga memberikan aroma dan rasa yang kuat pada rawon.

2. Soto Lamongan

Soto Lamongan adalah varian soto yang berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Kuahnya yang kaya dan gurih disebabkan oleh campuran rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan merica.

Potongan daging ayam atau sapi, telur rebus, tauge, dan irisan daun seledri menjadi pelengkap yang sempurna untuk soto ini.

3. Lontong Balap

Lontong Balap adalah makanan ringan yang populer di Surabaya dan sekitarnya. Terbuat dari lontong (nasi yang dibungkus dalam daun pisang dan dikukus), tauge, tahu goreng, lentho (kacang kedelai goreng), dan emping, semuanya disiram dengan kuah kental berwarna coklat yang kaya akan rempah seperti kacang kedelai, ketumbar, dan jahe.

Baca Juga:  10 Wisata Kuliner Yogyakarta yang Harus Kamu Coba

4. Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah hidangan salad buah yang terkenal di daerah Jawa Timur, terutama di Surabaya.

Campuran buah-buahan segar seperti mangga, nanas, dan kedondong disajikan dengan cingur (potongan hidung sapi yang direbus) dan disiram dengan bumbu kacang pedas yang kaya rempah seperti kacang tanah, cabai, bawang, dan petis.

5. Sate Klopo

Sate Klopo adalah varian sate yang berasal dari Surabaya. Daging ayam atau sapi ditusuk dengan tusuk sate dan kemudian dipanggang di atas bara api, kemudian disajikan dengan kuah kacang kental yang kaya akan kelapa parut dan rempah-rempah seperti ketumbar, kunyit, dan lengkuas. Taburan kelapa parut sangrai memberikan rasa gurih yang khas pada sate ini.

6. Pecel

Pecel adalah hidangan sayur-sayuran yang disajikan dengan saus kacang pedas. Sayuran yang umumnya digunakan termasuk kacang panjang, kangkung, tauge, daun singkong, dan kecambah.

Saus kacangnya terbuat dari campuran kacang tanah, cabai, bawang putih, dan gula merah yang dihaluskan bersama air asam jawa dan air. Rempah-rempah ini memberikan cita rasa yang kompleks dan lezat pada pecel.

7. Semanggi Surabaya

Semanggi Surabaya adalah hidangan salad sayur yang terdiri dari daun semanggi, kacang panjang, tauge, dan tempe yang direbus, kemudian disajikan dengan saus kacang yang pedas dan kaya rempah.

Saus kacang ini terbuat dari campuran kacang tanah, cabai, bawang putih, petis, dan gula merah, yang memberikan rasa gurih, pedas, dan manis pada semanggi.

Baca Juga:  10 Wisata Kuliner Yogyakarta yang Harus Kamu Coba

Kesimpulan

Makanan khas Jawa Timur tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan rempah-rempah yang memberikan karakteristik unik pada masakannya.

Dari rawon yang kaya dan pekat hingga sate klopo yang gurih dan lezat, setiap hidangan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan dan memikat bagi siapa pun yang mencicipinya.

Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi Jawa Timur, pastikan untuk mencicipi kekayaan rempah dalam Makanan Khas Surabaya ini.