10 Destinasi Wisata di Wonosobo yang Wajib Dikunjungi

10 Destinasi Wisata di Wonosobo yang Wajib Dikunjungi

Wonosobo, sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dan pesona budayanya yang kaya.

Meskipun sering kali terlupakan oleh destinasi wisata yang lebih populer di sekitarnya, Wonosobo memiliki sejumlah tempat yang menawan yang layak untuk dikunjungi oleh para wisatawan yang mencari petualangan alam yang autentik dan pengalaman budaya yang unik. Mari kita telusuri beberapa destinasi Wisata Wonosobo Terdekat yang wajib dikunjungi:

1. Dieng Plateau

Dieng Plateau adalah sebuah dataran tinggi vulkanik yang terletak di ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut.

Terkenal dengan udara sejuknya dan pemandangan alam yang menakjubkan, Dieng Plateau menawarkan berbagai atraksi wisata seperti Kawah Sikidang yang berisi belerang, Telaga Warna yang indah, dan kompleks Candi Arjuna yang kaya akan sejarah dan budaya.

2. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang adalah salah satu atraksi utama Dieng Plateau yang menarik wisatawan dengan aktivitas vulkaniknya yang menakjubkan. Pengunjung dapat menjelajahi area kawah yang penuh dengan semburan belerang dan uap panas, menciptakan pemandangan yang dramatis dan fotogenik.

3. Telaga Warna

Telaga Warna adalah sebuah danau vulkanik yang terkenal dengan airnya yang berubah-ubah warna tergantung pada kondisi cuaca dan cahaya matahari.

Pemandangan indah danau yang dikelilingi oleh pegunungan hijau dan bebatuan karst membuat Telaga Warna menjadi destinasi yang populer bagi para pengunjung yang mencari keindahan alam yang unik.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata di Kalimantan Barat yang Wajib Dikunjungi

4. Candi Arjuna

Kompleks Candi Arjuna adalah situs arkeologi penting yang terdiri dari sejumlah candi Hindu kuno yang berasal dari abad ke-8 hingga ke-13 Masehi.

Candi-candi ini menampilkan arsitektur yang indah dan ukiran batu yang rumit, serta menjadi saksi bisu dari masa lalu gemilang Jawa Tengah.

5. Embung Kledung

Embung Kledung adalah sebuah waduk buatan yang terletak di lereng Gunung Sindoro. Tempat ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari danau yang dikelilingi oleh hutan hijau yang lebat.

Pengunjung dapat menikmati aktivitas seperti berenang, berperahu, atau hanya menikmati keindahan alam sekitar.

6. Kledung Pass

Kledung Pass adalah sebuah dataran tinggi yang terkenal dengan pemandangan alam yang spektakuler. Dari sini, pengunjung dapat menikmati panorama yang luas dari Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, serta menikmati udara segar yang menyegarkan.

7. Desa Wisata Sikunir

Desa Wisata Sikunir merupakan destinasi yang ideal bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam pedesaan Jawa Tengah. Terletak di lereng Gunung Sindoro, desa ini menawarkan panorama yang menakjubkan dari perbukitan dan sawah yang hijau.

Pengunjung dapat melakukan trekking ke puncak Bukit Sikunir untuk menyaksikan matahari terbit yang spektakuler di antara kabut yang menyelimuti lereng gunung.

8. Candi Gedong Songo

Meskipun secara administratif berada di Kabupaten Semarang, Candi Gedong Songo juga dapat dijangkau dari Wonosobo.

Baca Juga:  Curug di Bogor dengan Pemandangan Mempesona

Terletak di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut, kompleks candi ini terdiri dari sembilan candi Hindu yang tersebar di lereng Gunung Ungaran.

Selain menikmati arsitektur kuno candi, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah di sekitar kompleks candi.

9. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu merupakan salah satu daya tarik alam terkenal di Wonosobo. Terletak di kaki Gunung Sindoro, air terjun ini menawarkan pemandangan yang memukau dengan air yang turun dari ketinggian sekitar 80 meter.

Pengunjung dapat menikmati kesegaran air terjun sambil menikmati keindahan alam sekitar yang masih alami.

10. Kampung Seni Ngesrep

Kampung Seni Ngesrep adalah tempat yang cocok bagi para penggemar seni dan budaya. Di sini, pengunjung dapat melihat berbagai karya seni lokal, termasuk ukiran kayu, anyaman bambu, dan kerajinan tangan lainnya yang diproduksi oleh masyarakat setempat.

Selain itu, pengunjung juga dapat belajar cara membuat kerajinan tangan tradisional dalam workshop yang diselenggarakan di kampung seni ini.

Kesimpulan

Wonosobo adalah destinasi wisata yang menawan yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan warisan budaya yang kaya. Dari pegunungan yang hijau hingga dataran tinggi vulkanik, setiap sudut Wonosobo menyimpan keajaiban alam yang menakjubkan.

Jika Anda mencari petualangan alam yang autentik dan pengalaman budaya yang berbeda di Jawa Tengah, Wisata di Dieng  Lagi Hits adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Baca Juga:  Pantai Tiska, Spot Favorit Menikmati Panorama Sunset di Lampung